0
http://situs-ototrend.blogspot.com/
Cara Kerja Thermostat Pada Mesin Mobil
Secara umum temperature kerja mesin, dimana mesin bisa bekerja optimal berkisar antara 80-90 C jika di ukur pada temperatur pada oli mesin dan berada di range 85-95 C saat diukur temperatur mesin melalui lubang tutup radiator.

Temperatur mesin tidak boleh terlalu lama berada diluar dari angka tersebut dan thermostat adalah katup yang bisa membuka dan menutup secara otomatis sesuai dengan perubahan temperatur pada mesin.
Thermostat Mesin Toyota 1NZ-FEThermostat bisa membuka dan menutup karena  wax sealed yang ada dalam silinder thermostat, volume wax dapat bertambah saat temperatur naik, ini yang akan membuka katup thermostat, begitu sebaliknya jika temperature turun volume wax akan berkurang dan katup thermostat tertutup.

Thermostat juga dilengkapi jingle valve atau saluran kecil yang berfungsi mengalirkan air pendingin dari sistem saat dilakukan pengisian air radiator
Bisa disimpulkan bahwa Fungsi Thermostat Pada Mesin adalah untuk mempertahankan temperatur kerja mesin dengan membuka dan menutup saluran air radiator sesuai temperatur yang tertera pada bodi thermostat.
Sirkulasi Pendek Sistem Pendingin Air Radiator Mobil
Sirkulasi pendek terjadi ketika suhu mesin masih dingin dan bertujuan untuk mempercepat temperatur kerja mesin tercapai.
Ketika mesin mobil baru dihidupkan suhu air pada radiator berkisar pada suhu ruang yaitu sekitar 23 C. Ketika mesin dinyalakan, air yang berada di dalam blok mesin bersirkulasi dengan bantuan waterpump atau pompa air melewati selang by-pass atau saluran baypass tanpa melewati radiator.

Mengapa tidak melewati radiator? Itu dikarenakan lubang air menuju radiator masih ditutup oleh termostat, sementara itu lubang by-pass yang letaknya berseberangan dengan lubang menuju radiator terbuka memungkinkan waterpump mengalirkan air yang keluar dari blok mesin untuk kembali masuk ke dalam blok mesin untuk mendinginkan silinder, oil cooler dan cylinder head.

Karena itu ketika thermostat belum terbuka maka akan tampak air radiator tidak mengalir jika dilihat dari lubang radiator (posisi tutup radiator dibuka).
Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori Mobil dengan judul Cara Kerja Thermostat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/11/cara-kerja-thermostat.html. Terima kasih!
Cara Kerja Thermostat | Deva | 5
Posted by: Deva Cara Kerja Thermostat Updated at : 04.32
5 November 2013

Posting Komentar

 
Top