0



Pak Aswin – Ciputat Tangerang Selatan

Pertanyaan :
Assalamu’alaikum mas Iwan,

Mau tanya mas Iwan, kemarin saya isi bensin di SPBU untuk mobil NISSAN GRAND LIVINA saya full tank, tapi pagi ini ketika saya panaskan mobil indicator bensinya kenapa tidak terisi penuh, posisinya masih di “E” padahal kemarin bensin sudah full saya isi.
Apa ada masalah dengan indicator bensin dimobil saya ? info yang saya terima dari teman yang juga pakai mobil GRAND LIVINA memang punya masalah yang sama dengan saya, dan katanya itu bisa diklaim / diganti “spare part” nya karena ada warrantynya, gimana caranya mas..? Tolong info nya.


Jawab :

Wa’alaikum salam Wrwb
Pak Aswin di Ciputat, mengenai indicator bensin nissan GRAND LIVINA memang ada beberapa kasus seperti yang pak Aswin alami, namun sekarang ini kasusnya sudah jauh berkurang untuk unit yang diproduksi tahun 2012. Memang benar ada warranty atau garansi untuk “spare part” tersebut selama masih memenuhi persyaratan untuk klaim garansinya.

Adapun hal yang perlu pak Aswin lakukan adalah sebagai berikut :


  • Pertama adalah membuat appoitment service ke bengkel nissan terdekat

  • Setelah dapat jadual hari dan jam service, pak Aswin datang ke bengkel sesuai jadual waktu yang telah ditentukan.

  • Sampaikan masalah atau keluhan pak Aswin kepada petugas SA “Service Advisor” mengenai indicator bensin yang tidak berfungsi tersebut.

  • Petugas atau mekanik bengkel akan mengecek atau memeriksa apa yang menjadi penyebab atau masalah indicator bensin di mobil pak Aswin

  • Setelah diketahui penyebabnya nanti baru bisa dilakukan proses untuk klaim untuk spare part yang mungkin perlu diganti.

Perlu diketahui bahwa untuk klaim penggantian spare part perlu dilakukan pengecekan atau pemeriksaan terlebih dahulu oleh mekanik dibengkel nissan. Berdasarkan pemeriksaan ini nanti akan diketahui apa penyebab masalahnya dan perlu tidaknya dilakukan penggantian spare part.

Untuk kasus indicator yang tidak berfungsi sumber masalahnya disebabkan antara lain :


  • Tersumbatnya pelampung karena ada kotoran yang menempel pada pelampung, sehingga tidak berfungsi dengan baik. Bila ini penyebabnya, maka hanya cukup dibersihkan saja kotoran yang menempel pelampung tersebut supaya bisa kembali berfungsi. Pelampung yang kotor ini menjadi penyebab kebanyakan masalah tidak berfungsinya indicator mobil pada nissan GRAND LIVINA.

  • Ada kerusakan pada pelampung atau part lainnya yang berhubungan dengan indicator bensin, cari tahu penyebab lainnya. Penyebab inilah yang bisa diklaim untuk penggantian spare partnya.

Proses klaim / warranty spare part bisa dilakukan bilamana masih dalam masa warranty yaitu 3 tahun sejak tanggal pembelian atau 100.000km mana yang lebih dahulu tercapai.
Demikian informasinya pak Aswin, senang bisa ikut membantu.


Salam,


Iwan Prasetyo – www.nissanpilihanku.com





Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori GRAND LIVINA dengan judul DISKUSI SEPUTAR NISSAN : INDICATOR BENSIN NISSAN GRAND LIVINA TIDAK BERFUNGSI, KENAPA ?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/09/diskusi-seputar-nissan-indicator-bensin.html. Terima kasih!
DISKUSI SEPUTAR NISSAN : INDICATOR BENSIN NISSAN GRAND LIVINA TIDAK BERFUNGSI, KENAPA ? | Deva | 5
23 September 2013

Posting Komentar

 
Top