JASO membagi dua tipe oli pada mesin 4-tak. Yaitu kode MA dan MB. Mesin yang menganut sistem kopling basah atau koplingnya terendam oli (bebek dan sport) harus dituang dengan yang klasifikasinya JASO MA. “
Formula oli MA lebih lengket dan punya aditive agar bersenyawa pada kampas kopling. Kopling tidak mudah selip,” terang Rustam dari Makmur Olie di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan.
Sementara oli dengan klasifikasi JASO MB untuk mesin 4 langkah kopling kering. Di Indonesia tipe ini ada pada matik. Oli ini sifatnya lebih licin, dibuat seperti itu karena tugasnya tidak membasahi kampas kopling. Makanya bunyi mesin matik rada kasar. Sssst... nanti didengar pabriknya.
Tapi, matik yang keburu diisi MA, aman saja. Itu ketimbang diisi minyak kelapa, bro. Namun disarankan tetap pakai kode MB, agar mudah bersirkulasi di dalam mesin. “Tapi kalau MB dituang ke bebek atau sport, pasti akan terasa kopling selip. Gas sudah tinggi, tapi motor lari di tempat,” tambah Mekanik punggawa Milenium Motor limboto
Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori dengan judul Oli JASO MB Dan MA Awas.... Ketukar..!. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/07/oli-jaso-mb-dan-ma-awas-ketukar.html. Terima kasih!
Oli JASO MB Dan MA Awas.... Ketukar..!
|
|
Posted by: Deva
Oli JASO MB Dan MA Awas.... Ketukar..! Updated at :
08.40
28 Juli 2013
Posting Komentar