Profesi sebagai seorang marketing ataupun disebut wiraniaga dan lebih popular dengan sebutan sales memerlukan pengetahuan dan ketrampilan yang harus terus menerus ditambah dan diperbaharui. Wawasan dan pengetahuan seorang sales harus terus diasah dan ditingkatkan setiap waktu karena merupakan tuntutan profesi yang mau tidak mau harus dilakukan.
Apabila wawasan dan pengetahuan sales sangat minim baik tentang teknik menjual, prospek, komunikasi, negosisai pengetahuan produk, juga produk pesaing maka bisa dipastikan akan muntaber (mundur tanpa berita) hehehe..yah kalau tidak capai target alamat dipecat, atau terus menerus diomelin atasan.
Berikut adalah bahasan yang perlu diketahui dan dipraktekkan oleh siapapun dan profesi apapun yang saat ini dijalani yaitu mengenai :
PENTINGNYA PENGETAHUAN
Pelanggan saat ini semakin maju dan kritis karena mereka bisa mengakses informasi begitu mudah dari berbagai sumber dengan menggunakan internet.
Dengan fenomena ini maka kebutuhan akan peningkatan kualitas diri dan pengetahuan setiap orang sales merupakan suatu hal penting dan mendesak untuk terus dikembangkan.
Pengetahuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap orang sales secara garis besar dibagi dalam 4 macam, yaitu :
1. Pengetahuan Umum,
2. Pengetahuan Produk,
3. Pengetahuan Tentang Pelanggan dan
4. Pengetahuan Tentang Pasar
1. Pengetahuan Umum,
2. Pengetahuan Produk,
3. Pengetahuan Tentang Pelanggan dan
4. Pengetahuan Tentang Pasar
Pengetahuan umum diumpamakan pintu masuk untuk dapat berkomunikasi dengan calon pelanggan. Bila di awal pembicaraan anda bisa menjalin keakraban dengan pelanggan maka anda bisa masuk dalam tahap selanjutnya yaitu mempresentasikan produk.
Dan hal yang diperlukan dalam tahap ini adalah pengetahuan produk yang baik.
Pengetahuan berikutnya adalah tentang pelanggan itu sendiri. Dengan pengenalan pelanggan yang baik maka setiap orang sales akan mampu mempersiapkan diri dengan baik sebelum bertemu ataupun ketika mempresentasikan dan meyakinkan pelanggan.
Terakhir dan yang terpenting, seorang sales juga wajib memiliki pengetahuan tentang pasar. Dengan memiliki pengetahuan pasar yang baik, maka setiap orang sales bisa melakukan antisipasi dan mengurangi kesalahan dalam memilih dan memilah potensial prospek.
Demikianlah uraian singkat tentang 4 pengetahuan dasar yang wajib dimiliki setiap orang sales, bila anda merasa pengetahuan yang anda miliki masih kurang memadai maka segeralah luangkan waktu dan dana untuk meningkatkan pengetahuan anda.
Semakin luas pengetahuan anda maka semakin luas kesempatan penjualan yang bisa anda raih.
Happy Selling,
Sumber : Dedy Budiman M.Pd
The Champion Sales Trainer
Founder KOMISI – Komunitas Sales Indonesia
www.dedybudiman.com
Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori TIPS SALES
dengan judul TIPS SALES : PENTINGNYA PENGETAHUAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/06/tips-sales-pentingnya-pengetahuan.html. Terima kasih!
TIPS SALES : PENTINGNYA PENGETAHUAN
|
|
Posted by: Deva
TIPS SALES : PENTINGNYA PENGETAHUAN Updated at :
05.09
19 Juni 2013
Posting Komentar