0
http://situs-ototrend.blogspot.com/
Di jalanan, sering kita dengar skutik berdecit (berasal dari CVT), terutama saat berakselerasi. Suara decit putus-putus mirip komponen bergesek tanpa pelumas. Jika laju mulai kencang, decit kadang hilang. Kadang juga disertai suara kasar bersumber dari tempat yang sama.
Nah, jika terjadi pada skutik Anda, waspadalah! Ini tanda-tanda, harus segera diperiksa dan diservis. Dicky Hermawan, Service Advisor Yamaha DDS, menjelaskan kepada KompasOtomotif, beberapa hal yang menyebabkan suara decit tersebut, terutama ketika pemutar gas mulai digeber di awal.



Berikut yang perlu diperhatikan:
1. Bisa jadi clutch housing (mangkuk  ganda atau rumah kopling) dan clutch carrier (kampas ganda) bergesek atau bergerak tidak normal. Penyebab, adanya rembesan  gemuk dari  puli sekunder (kedua). Kata Dicky, cek o-ring (karet berbentuk gelang untuk mencegah kebocoran) dan seal. Biasanya sudah aus.

”Kalau masih dan ada kebocoran, biasanya sisa-sisa gemuk dari pabrik. Ini tidak masalah! Bersihkan saja! Kalau sudah lama, ganti o-ring dan seal-nya,” papar Dicky.

2. Di mangkuk dan kampas ganda terdapat kotoran, pasir atau berkarat. Penyebab, macam-macam, antara lain  filter CVT rusak atau penutupnya dicopot alias ada bagian terbuka. Dijelaskan kotak CVT tidak boleh kena kotoran atau terbuka. Untuk pendinginan, pabrik sudah mengatur sirkulasi udara agar ruang tetap dingin.

”Kan banyak tuh, yang ditambahi selang menjulur-julur atau dibuka bagian atasnya. Katanya agar lebih dingin dan ’narik’, atau biar tambah nyentrik. Ada pengaruhnya sih, tapi tidak banyak. Justru lebih banyak negatifnya, kotoran mudah masuk dan merusak. Terutama kalau hujan,” jelas Dicky.

3. Untuk menghilangkan decit, Dicky menyarankan untuk dilihat dulu komponenya. Jika bisa dibersihkan, cukup membuang kotoran atau menghilangkan karat. Tapi jika sudah parah, wajib diganti, terutama kampas ganda.

4. Kalau penyebabnya bukan kotoran, jarak mangkuk harus disetel agar kampas tidak terlalu rengang. Suara berdecit bukan karena V-belt.
Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori motor dengan judul Penyebab Skutik Berdecit. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://situs-ototrend.blogspot.com/2013/09/penyebab-skutik-berdecit.html. Terima kasih!
Penyebab Skutik Berdecit | Deva | 5
Posted by: Deva Penyebab Skutik Berdecit Updated at : 21.18
28 September 2013

Posting Komentar

 
Top