Ini stator punya Suzuki Skywave …
Marking merah = ground tab
Fullwaving Honda Supra X 125 & Karisma
Stator Honda Supra X 125
Stator Honda Karisma (maaf fotonya burem)
Langkah selanjutnya sama seperti modifikasi fullwave di motor-motor lainnya …
Ganti regulator bawaan motor dengan regulator fullwave, misal, regulator Honda Tiger …
Pindah-pindah sedikit jalur-jalur kabelnya (bisa lihat di artikel “Fullwave: Instalasi Regulator Honda Tiger“).
Ntar saya lengkapi lagi skemanya … kalo sempat
Wasalam
Fullwaving Kawasaki Ninja RR & 150L/M/N
Bismillaah …Setelah sekian lama meditasi di kaskus — cari-cari info & bahan biar lebih yakin, hehehe — sekarang saya launching artikel “Modifikasi kelistrikan fullwave Ninja RR” … doooohhh
Awalnya artikel ini dibuat, saya sendiri blom pernah modip Ninja RR secara langsung, tapi saya yakin cara ini benar & berfungsi dengan baik … 1000%
Dan sekarang, udah ada calon korban … hehehe
Calon korban modifikasi fullwave
Setelah bahan dan material terkumpul — regulator fullwave 1-phase (di artikel ini saya pake regulator Honda Tiger), beserta soketnya (tipe soket 6-pin baring — bisa dibeli di toko onderdil/kelistrikan mobil), kabel secukupnya, selang bakar (heat-shrink tube — banyak dijual meteran di toko-toko elektronika/listrik), solder + timah, multimeter (rekomendasi yang model digital), juga perkakas buat bongkar-bongkar motor … saatnya mulai beraksi!
Tapi sebelum mulai modifikasi, sebaiknya cabut kabel-kabel yang terpasang pada terminal aki untuk menghindari resiko konslet apabila jalur “+” aki nggak sengaja terhubung dengan bodi/massa/rangka/ground …
——-
Posisi stator ada di balik bak mesin kiri. Kondisinya kering, alias nggak terendam oli. Jadi nggak perlu nguras oli dulu Buka bak mesin kiri, kamu bakal langsung nemu “stator” di balik bak mesin …
gb2. Flywheel Magnet Ninja RR
gb3. Stator original Ninja RR
Syarat kelistrikan fullwave tetap sama … kawat spul/stator TIDAK BOLEH terhubung dengan ground (floated).
Jadi, sebagai langkah pertama, cabut kawat spul yang ada di tab GROUND.
gb4. kawat spul dilepas dari tab Ground
gb5. Ujung kawat disambung kabel baru
FYI, setelah modifikasi ini, jalur lampu sudah nggak digunakan lagi. Kamu bisa mencabutnya dari soket spul dan mengisolasi ujung kabelnya agar nggak musah konslet dengan jalur lain maupun rangka/ground (maaf, saya lupa jepret fotonya)
Saya pribadi, lebih suka memilih tuk mencabut jalur spul lampu (kabel kuning) dan jalur spul ground (hitam-kuning) dari stator
gb6. Stator setelah 'sedikit' modifikasi
gb7. Mode "continuity" pada multimeter
Kalo sampai langkah ini nggak ada masalah, rapikan posisi kabel pada stator agar nggak mudah kendur dan tersambar magnet …
Install kembali stator di bak mesin, dan install bak mesin kembali ke motor.
————
Setelah stator & bak mesin terpasang, pasang kembali soket stator. Perhatikan bahwa di soket stator nggak ada lagi kabel dari arah stator, kecuali jalur ground (hitam-kuning). Sedangkan dua jalur baru, rencananya akan terpasang sebagai INPUT di regulator fullwave, seperti skema di bawah ini:gb8. Modifikasi jalur kabel di soket stator (klik untuk memperbesar)
Posisi regulator Ninja RR terletak di bawah tangki bagian depan. Jadi harus buka tangki bahan bakar dulu …
gb9. Posisi regulator original Ninja RR
Kemudian pasang regulator baru untuk kelistrikan fullwave. Di artikel ini saya coba menggunakan regulator milik Honda Tiger.
gb10. Regulator Tiger terpasang di Ninja RR
gb11. Instalasi kabel regulator Honda Tiger
Setelah terpasang, lakukan cek “continuity” untuk memastikan kabel-kabel di tiap-tiap pin regulator nggak saling terhubung (kecuali pin #4 dengan #5). Pastikan juga jalur pin#1 regulator terhubung sempurna ke +AKI. Begitu juga jalur pin#3 terhadap ground / -AKI.
Kalo sudah selesai, colok soket ke regulator Tiger dan rapikan kabel-kabelnya …
Pasang kembali kabel suplai aki dan tangki bahan bakar …
————
Sebelum mencoba menyalakan mesin, ukur voltase aki dengan multimeter … dan catat!Nyalakan kontak & mesin pada posisi langsam/idle dan tanpa menyalakan beban lain (lampu dan klakson) … perhatikan nilai voltase pada multimeter … catat!
Tarik gas secara urut, hingga kira-kira mencapai 3000~5000RPM, dan perhatikan nilai voltase pada multimeter … jika modifikasi dilakukan dengan benar, harusnya tampak ada kenaikan voltase … nggak boleh lebih rendah dari 12.4V dan nggak boleh lebih tinggi dari 16V DC … jangan lupa, catat!
Balik lagi ke kondisi langsam/idle, tapi kali ini dengan menyalakan lampu utama (headlamp) … pada kondisi ini bakal ada penurunan voltase … catat lagi!
Kemudian tarik gas secara urut, hingga kira-kira mencapai 3000~5000RPM … jika modifikasi dilakukan dengan benar, harus ada kenaikan voltase … besarnya, tergantung beban listrik yang menyala … minimal nggak boleh di bawah 12.4V dan nggak boleh melebihi 16V DC (regulator secara otomatis membatasi besaran voltase output).
Beres-beres, dan lakukan test-drive … jika setelah dipakai jalan 1/2 harian aki nggak mengalami gejala tekor dan mesin nggak mengalami “batuk-batuk” pada RPM tinggi … selamat!
Modifikasi fullwave kamu berhasil
thx to om dian_bulat untuk referensi foto statornya, juga mbokne.gajah (klonengan om gajah_gendut) & om exc4l1bur73 buat ilmu per-Ninja-annya
——-
FYI:Modifikasi ini berlaku untuk KR150K (Ninja RR), KR 150L/M/N (Ninja R) — karena sistem kelistrikannya sama
Info by jintramtam & trit Ninja 150 @ kaskus.us … thx
Fullwaving Honda Supra 100 / Grand / Revo 100 / GL Pro
Metodenya masih sama, cabut kawat spul/stator yang nempel di ground/massa/bodi stator dan kemudian disambungkan dengan kabel tambahan untuk dijadikan input ke regulator fullwave.
Ini bagan statornya:
Jangan lupa tutup sambungan tersebut dengan shrink-tube atau selang bakar (banyak di toko-toko elektronika).
Oia, jalur spul lampu (kabel kuning dari spul) dicabut dari soket spul dan diisolasi, karena jalur ini nggak dipakai lagi dan nggak boleh terhubung dengan kabel kuning lain.
Jadi nantinya input ke regulator fullwave cuma dari jalur kabel putih spul dan kabel tambahan.
Kabel-kabel lain, abaikan aja alias jangan diapa-apain
Selanjutnya instalasi regulator fullwave, misal regulator Tiger, sama seperti modip-modip fullwave lainnya … atau bisa lanjut ke artikel “Fullwaving: Instalasi Regulator Honda Tiger“
Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori dengan judul Fullwaving Suzuki Skywave. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/09/fullwaving-suzuki-skywave.html. Terima kasih!
Fullwaving Suzuki Skywave
|
|
Posted by: Deva
Fullwaving Suzuki Skywave Updated at :
08.27
18 September 2013
Posting Komentar