0


Sama kayak Honda Beat/Vario, modifikasi fullwave Suzuki Shogun NR, Satria FU150, dan Arashi musti “disconnect” ground spul. Tipe lain seperti Smash 110, Spin, dan Skywave juga sama — untuk Skywave dan Spin bisa baca artikel ini. Asalkan ketemu mana kawat stator yang nempel ke ground, tinggal ngikut langkah-langkah selanjutnya di bawah :D
Lanjut, ini stator milik Shogun NR … Arashi juga punya desain stator yang sama …
Stator Suzuki Shogun NR
Dan ini stator milik Satria F150 …
Stator Satria FU150 (tab ground ditandai lingkaran merah)
Sesuai gambar di atas, kawat spul yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong …
Kawat ground spul dicabut/dipotong
Selanjutnya ujung kawat tadi disambung dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian menuju regulator fullwave (misal, regulator Honda Tiger). Jangan lupa sambungan tadi ditutup/diisolasi dengan selang bakar atau shrink tube — bisa dibeli di toko listrik/elektronika atau Ace Hardware — Instalasi lengkapnya bisa lihat skema di bawah ini:
Skema fullwaving Suzuki Shogun NR
Saya saranin pakai regulator/kiprok yang original, karena regulasi voltasenya lebih bagus, terutama tuk Satria FU150 yang pakai speedometer digital. Speedometer ini gak bisa kena voltase di atas 16VDC, karena bakal ngedip dan nge-reset. Cara kedua, dengan membatasi (regulasi) voltase di jalur suplai ke speedometer agar voltasenya nggak melebihi 16VDC, misal dengan menggunakan IC LM7812 atau LM7815.
Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori dengan judul Fullwaving Suzuki Shogun NR / Satria FU150 / Arashi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/09/fullwaving-suzuki-shogun-nr-satria.html. Terima kasih!
Fullwaving Suzuki Shogun NR / Satria FU150 / Arashi | Deva | 5
Posted by: Deva Fullwaving Suzuki Shogun NR / Satria FU150 / Arashi Updated at : 08.17
18 September 2013

Posting Komentar

 
Top