0
Beberapa hari lalu KompasOtomotif memberi gambaran apa saja yang perlu diperhatikan jika harus mudik menggunakan skutik atau bebek. Kali ini, bagi yang mengandalkan sepeda motor sport, perhatian harus semakin detail. Dicky Hermawan, Service Advisor Yamaha DDS Cempaka Putih, mengatakan bahwa sepeda motor sport lebih rumit.

"Meski mudik naik sepeda motor tetap tidak disarankan, tapi jika terpaksa menggunakan, harus cek semua komponen supaya aman dan tenang di jalan. Khusus untuk sepeda motor sport, karena secara dimensi dan komponen lebih rumit, harus ada perhatian ekstra," ujar Dicky.

Apa saja? Simak rangkuman ini:

1. Oli. Perhatikan, semua sepeda motor sport posisi silindernya vertikal/ cenderung tegak, bandingkan dengan bebek atau skutik. Ini yang membuat pemilik harus memberi perhatian ekstra pada oli. Aliran oli harus lancar agar mampu melumasi dengan sempurna silinder bagian atas dan melawan gravitasi.

2. Kampas kopling, karena kopling manual, bagian ini juga butuh pengawasan. Ciri-cirinya, tarikan agak berat atau tersendat-sendat.



3. Kabel kopling, kalau sudah agak seret, tandanya perlu diperiksa.

4. Untuk yang berpendingin cairan (radiator), pastikan kondisinya sehat, sehingga kejadian overheat dalam perjalanan jauh bisa dihindari.

5. Komstir. Biasanya setelan pabrik agak berat. Ternyata bagian ini bisa disesuaikan keringanannya dengan selera masing-masing untuk meningkatkan kenyamanan.

6. Bush lengan ayun dan bearing. Masalah ini sering terjadi pada motor sport. Cek bagian ini, pastikan tidak ada yang goyang agar pengendalian tetap stabil, terutama menikung.

7. Sambungan lengan ayun (arm relay) dari rangka. Sama seperti bush, pastikan kondisinya masih stabil.

Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori Sepeda motor dengan judul Perhatian Khusus Untuk Sepeda Motor Sebelum Mudik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/07/perhatian-khusus-untuk-sepeda-motor.html. Terima kasih!
Perhatian Khusus Untuk Sepeda Motor Sebelum Mudik | Deva | 5
Posted by: Deva Perhatian Khusus Untuk Sepeda Motor Sebelum Mudik Updated at : 01.55
23 Juli 2013

Posting Komentar

 
Top