0


Seperti ini sekatnya
ManiakMotor - Bobok kenalpot standar Yamaha Mio,  bentuknya  tetap standar. Beda dengan bobok tabungan, hasilnya jadi kosong. Ini hasilnya tidak bakal ditilang polisi karena bukan kenalpot racing.
Tenaga juga lumayan dapat, namun suara yang dihasilkan bisa diatur. Mau bacot gede atau sedang-sedang saja? Yang penting tidak mengganggu tetangga.
Prinsipnya sekat pada tabung kenalpot dikurangi atau dibuang sama sekali. “Ada dua sekat pada Mio,” kata Fitra Harid pemilik bengkel  Bedur Knalpot di Jl. Timbul, Jagakarsa, Jaksel.
Mulai membuka tabung pada bagian belakang dengan cara digergaji. Bagian yang dipotong pada sambungan las bawaan pabrik. Jangan terlalu dalam menggergajinya, karena ada lapisan pipa sambungan di baliknya. Itu pipa sok penyambung.  
Setelah dibobok dua sekatnya
Pipa seperti ini panjangnya 7,5 cm
Sekarang bagian dalam kenalpot kelihatan, seperti bobokan celengan. Tinggal buang sekatnya bisa dengan berbagai cara. Misalnya menggunakan pahat atau dipotong pakai api  las, cara kedua lebih cepat dan rapi.  “Bila suara tetap halus, hanya sekat bagian belakang yang dibuang,jelas Fitra.
Beda lagi jka semua sekat dilibas, itu sama saja membobol tabungan sampai ludes,  gantinya adalah pipa saringan yang dibikin. Tiap bengkel kenalpot ukurannya berbeda. Yang pasti kombinasi antara pipa polos dan pipa saringan.  Paling cocok untuk Mio  panjang saringannya 7-10 cm dengan tebal 2 mm. Lalu disambung dengan pipa polos yang menyesuaikan panjang tabung knalpot.
Pada pipa polos tersebut dibuat lagi 10 lubang diameternya 2,5 mm. Jumlah lubang ini  yang memengaruhi suara. Semakin banyak lubang suaranya akan semakin halus, begitu sebaliknya.  “Lubang jangan lebih dari 12,  tenaga akan ngempos pada putaran atasnya,” wanti Fitra.
Lantas pipanya disambung seperti ini. Perhatikan tanda panah pada bolongan pipa polos
Penutup kembali kenalpot tidak perlu dilas semuanya. Cukup las totol dan boleh juga paku river
Sedikit catatan jika mesin standar diameter pipanya 26 mm. Bila mesin bore-up di atas 125 cc antara 28 sampai 30 mm, ini pun diikuti penggantian pipa leher yang seirama pipa tersebut. Jika mesin sudah dikorek berat, nah pasti yang punya sudah mengerti, nggak usah dibilang lagi di sini.
Saat perakitan ulang disarankan tidak me-las mati tabung bagian belakangnya guna memudahkan saat akan membersihkan kenalpot.  Cukup di rivet dan dilas totol saja, tidak akan bocor selama pipa penyambungnya masih bagus. Jika ingin suara lebih nge-bass bisa menambahkan glasswool pada tabung.
Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori dengan judul bongkar knalpot MIO atur suara, kenceng tarikannya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/07/bongkar-knalpot-mio-atur-suara-kenceng.html. Terima kasih!
bongkar knalpot MIO atur suara, kenceng tarikannya | Deva | 5
Posted by: Deva bongkar knalpot MIO atur suara, kenceng tarikannya Updated at : 08.36
28 Juli 2013

Posting Komentar

 
Top