0
Sampeyan ingin pasang CDI plus koil racing? :D
CDI Racing di pasaran ada merek BRT, TDR, Rextor, Daytona, Kitaco, Cheetah Power, Varro dan Andrion yang harganya berkisar Rp 350 ribu hingga di atas 1 juta. Sedang koil racing pilihannya ada TDR, YZ, Kitaco, R-9, Andrion, Blue Thunder dan masih banyak lagi. Banderol harganya dari Rp 100 ribu - Rp 500 ribuan.

Nggak usah 'galau' piye cara masangnya. Dijamin pean bisa dilakukan sendiri kok.
Namun biar nggak salah pasang (fatal) monggo, simak trik-triknya berikut ini.
CDI Racing, 
Oh ya, CDI BRT Dualband yang di pasaran bisa ditebus seharga Rp 600 ribu. Sebelumnya siapkan obeng kembang untuk membuka semua baut pengunci bodi.

Bila bodi sudah terbuka, maka posisi CDI akan jelas terlihat (gbr.1), yakni berada di sisi sebelah kiri. Memang sedikit malu alias ngumpet, karena letaknya agak ke dalam demi menjaga keamanan dari tangan jail yang mau mencuri. :D

Karena posisi yang agak ke dalam serta ada karet pegangan CDI-nya, kita harus meraba dan mengangkat ke atas (gbr.2) agar lepas dari pegangannya. Selanjutnya tinggal copot soket yang menyambung pada CDI itu. Cukup tarik pakai tangan dengan sedikit tenaga

Lalu lepas konektor kabelnya, pasang deh CDI racing yang dikehendaki. "Eits, tapi tunggu dulu!" Karena bentuk CDI Racing rata-rata lebih besar dari standar, jadi pemasangannya harus menggunakan cable-ties yang dililitkan pada CDI ke rangka (gbr.3) yang ada disekitarnya,

Koil Racing, 
Pasang CDI sudah, kini beralih pasang koil. Cara pasangnya gampang, soalnya posisinya ada di dekat karburator. Cuma modal obeng kembang dan gunting,

Langkah awal, buka seluruh sayap depan dan cover tengah pakai obeng plus. Dari sisi kiri motor, koil akan kelihatan nempel pada rangka, dekat dengan karburator. Untuk motor Honda, posisinya di sebelah kanan rangka. Tapi tak jauh juga dari karburator :D

Selanjutnya lepas konektor kabel positif koil warna biru putih, cukup ditarik pakai derek tangan (gbr.4). Lalu dilanjut lepas 2 baut pengikat koil pakai obeng kembang.  Kalau motor Yamaha, melepas bautnya mesti pakai kunci pas/ring-10 :)

Kelar lepas baut tersebut, copot cop busi dari kabelnya dengan cara cukup memutarnya berlawanan arah jarum jam (gbr.5). Pasalnya di dalam cop busi terdapat ulirnya. Kalau asal dicabut tanpa diputar, akan sangat keras dan bisa merusak serat kabel koil :( 

Terakhir, tinggal pasang koil racing dengan cara kebalikan saat melepasnya. Perlu diprhatiin, kalau kabel busi terlalu panjang, sebaiknya disunat dipotong pakai gunting (gbr.6) Kalau tidak dipotong, hasil pengapiannya akan kurang maksimal :D

Piye Bro, gampang toh? Cukup pakai obeng kembang bisa pasang CDI dan koil racing. Ayeeeeeee.. :D

Sent from
My Android v4.2 supported by Wifi gratis, Online Teruuusss.
Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori Bengkel / Racing / Spare Part / Tips dengan judul Pasang Koil Dan CDI Racing Sendiri (D.I.Y). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/02/pasang-koil-dan-cdi-racing-sendiri-diy_1.html. Terima kasih!
Pasang Koil Dan CDI Racing Sendiri (D.I.Y) | Deva | 5
Posted by: Deva Pasang Koil Dan CDI Racing Sendiri (D.I.Y) Updated at : 15.00
1 Februari 2013

Posting Komentar

 
Top