Ban matric memiliki pinggul lebih luas di sisi permukaannya, berguna saat menikung. |
Ban dengan ukuran imperial seperti 2.50/17 memiliki lebar tapak dan tinggi ban sama persis (aspec ratio 100 persen).
Sedang ban matric seperti 80/90-17 memiliki profil tinggi ban sedikit lebih rendah. Banyak yang beranggapan ban dengan kode ukuran matric lebih baik karena banyak ban khusus balap yang menggunakan penghitungan ini.
Bila dilihat dari bentuknya memang ada perbedaan antara ban dengan ukuran ban matric dan imperial.
Ban matric memiliki pinggul di sisi permukaannya. Fungsinya untuk meningkatkan traksi saat menikung ekstreem, misalnya dipakai pada ban balap
Jadi bener nih lebih baik? Tidak sepenuhnya benar karena untuk keperluan sehari-hari kualitasnya sama saja, untuk menikung pun ban imperial tidak pernah ada keluhan.
Awalnya ban dengan ukuran imperial banyak dipakai pada ban-ban berkonstruksi bias. Seiring perkembangan ban, ukuran ini tetap dipakai pada produksi ban radial. Tapi secara performa untuk keperluan sehari-hari sama baiknya.
Bila ban dengan ukuran matric memiliki keunggulan karena punya pinggul untuk meningkatkan traksi saat menikung. Ban dengan kode ukuran imperial justru memiliki kelebihan pada kenyamanan.
Kiri ban imperial, kanan ban matric. Bila dilihat, ban matric umumnya akan lebih pendek dibanding ban imperial. |
Advertisement
Anda baru saja membaca artikel Tabloid otomotif yang berkategori Info /
Produk Baru /
Safety Ridding /
Umum
dengan judul Ban Motor Mana Yang Lebih Baik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://situs-ototrend.blogspot.com/2013/01/ban-motor-mana-yang-lebih-baik_19.html. Terima kasih!
Ban Motor Mana Yang Lebih Baik
|
|
Posted by: Deva
Ban Motor Mana Yang Lebih Baik Updated at :
08.45
19 Januari 2013
Posting Komentar